17 Maret 2020

MATERI PEMBELAJARAN KELAS 1A

TEMA 7 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 3 DAN 4
HARI DAN TANGGAL : RABU, 18 MARET 2020
KELAS : 1A

A.    PEMBELAJARAN PERTAMA : TPA





Petunjuk: Pembelajaran pertama kita hari ini adalah TPA, yuk ambil Iqra kita masing-masing dan mulai membaca Iqra dari halaman terakhir yang kalian baca minggu lalu.


B.    PEMBELAJARAN KEDUA : TEMATIK
TEMA 7 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 3 DAN 4
BENTUK WARNA UKURAN DAN PERMUKAAN BENDA

PEMBELAJARAN 3
a.     Mengidentifikasi benda
Gambar ini adalah gambar penggaris
Bentuknya persegi panjang warnanya merah
Penggaris digunakan untuk mengukur

b.     Melengkapi kalimat dengan kata ini atau itu
Kata ini untuk menunjuk benda yang dekat
Sedangkan kata itu untuk menunjuk benda yang jauh

c.     Menghitung banyak benda
Siti anak yang rajin
Siti merapikan kamar setiap hari
Hari ini Siti ingin merapikan buku
Ada banyak buku yang sudah tidak dipakai
Siti ingin menyumbangkan kepada orang lain
Siti memisahkan buku yang akan disumbangkan
Siti memiliki 43 buah buku
Siti ingin menyumbangkan 21 buah buku
Ada berapa buku siti yang tersisa?
Jawab:
Pernyataan tersebut dapat ditulis
43-21 = 22
Jadi sisa buku siti adalah 22 buku
Cara lainnya yaitu


PEMBELAJARAN 4
a.    Permukaan sebuah benda
Lani dan siti bermain seluncur
Lani dan siti dapat meluncur dengan baik
Permukaan papan seluncur halus
Edo dan beni bermain pasir
Mereka membuat berbagai bentuk dari pasir
Permukaan pasir kasar
Permukaan benda ada yang kasar da nada yang halus

C. LATIHAN SOAL TEMA 7 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 3 DAN 4

Petunjuk: Peserta didik atau siswa mengerjakan soal latihan dibawah ini, pada buku latihan yang ada di rumah, soal ditulis menngunakan tegak bersambung beserta jawabannya!

1. Tuliskan nama, ciri-ciri dan kegunaan benda
                                                a.
                                   Nama                  : ………………………….
                                   Bentuk                 : ………………………….
                                   Warna                 : ………………………….
                                   Kegunaan          : ………………………….


                                                   b.


                                   Nama                  : ………………………….
                                   Bentuk                 : ………………………….
                                   Warna                 : ………………………….
                                   Kegunaan          : ………………………….

                                                   c.

                                   Nama                  : ………………………….
                                   Bentuk                 : ………………………….
                                   Warna                 : ………………………….
                                   Kegunaan          : ………………………….

2.      Bandingkan bentuk warna ukuran dan permukaan benda dibawah ini!


………………………….………………………….………………………….………………………….………………………….………………………….………………………….………………………….


3.      Carilah lima benda yang memiliki permukaan halus, dan lima benda yang memiliki permukaan kasar.
Tulis pada table berikut ini



4.      Soal berhitung!
a.     Ibu guru mempunyai 52 batang cokelat
Sebanyak 32 cokelat dibagikan kepada murid-murid.
Berapa sisa coklat ibu guru?
Jawab: ………………………….……
b.     Pedagang membeli 67 pasang sepatu bola
Sepatu yang telah terjual ada 33 pasang
Berapa pasang sepatu yang belum terjual?
Jawab: ………………………….……
c.     Hasil panen kelapa  pak Udin ada 95 butir
Sebanyak 44 butir kelapa dijual
Berapa banyak kelapa yang belum terjual?
Jawab: ………………………….……

5.      Kerjakan soal-soal pengurangan susun pendek berikut!


SELAMAT MENGERJAKAN
SEHAT SELALU SOLEH SOLEHAH BU GURU




 


2 komentar:

  1. Alhamdulilah ananda Riska dapat menyelesaikan dan memahami soal2 dari tematik, untuk cara memahaminya ananda Riska langsung membayangkan dari soal tematik yg memjadi pertanyaan. Untuk pembuatan soal tematik cukup mudah dan dipahami oleh ananda Riska.... Ditunggu lagi bu guru siti soal tematik yang lebih menantang untuk riska....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, iya mamah terimakasih banyak atas tanggapannya. InsyaAllah kedepannya kami akan memberikan soal-soal yang tetap mudah dipahami oleh Siswa

      Hapus